Monday, November 23, 2015

Memancing Di Muara Ancam, Tanjung Palas Utara

Irawansite.com - Muara Ancam yang letaknya berdampingan dengan Laut Tarakan merupakan salah satu tempat paling favorit bagi sebagian warga kecamatan Tanjung Palas Utara dalam menyalurkan hobinya terutama bagi yang hobi memancing. Muara Ancam merupakan tempat memancing (Laut)  paling dekat dengan letak pemukiman warga, sehingga tempat inilah yang sering dituju warga yang suka memancing ikan di alam bebas.


Untuk memancing di muara ancam, kita bisa menyewa perahu trol (kapal kayu dengan ukuran kira-kira 1,3 x 6 meter yang digunakan untuk menangkap ikan dan udang) milik nelayan setempat dengan harga 400 ribu untuk satu hari. Kapal ini bisa digunakan maksimal 4 orang pemancing. Walaupun sebenarnya lebih dari 4 juga bisa saja tetapi ketika memancing pasti akan merepotkan karena banyaknya pancing yang kita pasang. Akhirnya tasi pancing akan membelit satu dengan yang lain.


Biasanya perahu akan bertolak dari pelabuhan Ancam pada pagi hari (sekitar pukul 6.30) dan sampai pada lokasi tempat memancing sekitar pukul 09.00. Ditengah perjalanan sang pemilik perahu akan menurunkan jaring untuk menangkap udang dan ikan kecil. Udang dan ikan inilah yang akan digunakan sebagai umpan memancing.


Selain ikan dan udang ada juga umpan lain yang biasa digunakan untuk memancing di daerah ini, umpan tersebut adalah Pun-pun (kami menyebutnya begitu). Pun-pun adalah jenis cacing laut yang hidup di bagian dalam tumbuhan laut. untuk mendapatkan Pun-pun kita harus mencarinya di dalam air. Pun-pun sering digunakan oleh nelayan didaerah ini untuk memancing ikan bersisik (ikan merah, kerapuh, gulama dan lain-lain).


Jenis ikan yang terdapat di perairan ini meliputi ikan pari, ikan sembilang, ikan kerapuh, ikan tompel, ikan merah, ikan senangin, ikan gulama dan masih banyak lagi. selain beberapa jenis ikan yang tadi ada juga hewan pengganggu dan selalu merepotkan yaitu belut. Apabila kail pancing sudah dimakan oleh belut, tasi pancing akan melilit dan kusut sehingga tidak bisa digunakan lagi.


Bagi anda warga Bulungan dan sekitarnya yang mempunyai hobi memancing, tidak ada salahnya untuk mencoba memancing di Muara Ancam, Tanjung Palas Utara.

Memancing Di Muara Ancam, Tanjung Palas Utara Rating: 4.5 Diposkan Oleh: PUTRA KELUBIR

1 comments: