Sunday, November 15, 2015

Cara Mengatasi Pengalihan Dari blogspot.com ke blogspot.co.id

Pengalihan blogspot.com menjadi blogspot.co.id pada platform Blogger.com yang dilakukan oleh google membuat blogger Indonesia bertanya-tanya, mengapa google menerapkan pengalihan tersebut. Pengalihan ini diterapkan google sejak tanggal 3 September 2015.


Sebenarnya pengalihan tersebut sudah terjadi di negara bagian Eropa dan sebagian negara di Asia, namun di Indonesia baru di terapkan sekarang ini. Hal ini membuat geram blogger/publisher karena secara otomatis status Rank Alexa, PR, PA, DA, dan BL menjadi hilang/kembali seperti semula.

Tujuan Google mengalihankan blogspot.com menjadi blogspot.co.id
  • Untuk menyesuaikan blog sesuai dengan asal Negara. Misalnya blogspot.co.id untuk Indonesia, blogspot.co.jp untuk Jepang, blogspot.co.uk untuk Inggris, dan lain-lain.
  • Untuk memudahkan pihak google dalam mengontrol blog di seluruh dunia. Dengan adanya pengelompokan berdasarkan Negara, maka pihak google akan mudah dalam memantau blog yang melanggar kebijakan atau hukum suatu Negara.
Dampak pengalihan blogspot.com menjadi blogspot.co.id
  • Iklan Google Adsense sering tidak muncul di halaman blog (blank).
  • Data peringkat (status rank) blog seperti Rank Alexa, PR, PA, DA, BL, dan Whoes menjadi menurun drastis bahkan hilang (kembali seperti semula).
  • Pengunjung yang berasal dari luar negeri menjadi menurun drastis.
  • Blog akan mengalami double redirect sehingga berdampak buruk pada reputasi blog.
  • Blog marketing yang mempunyai target untuk menjangkau seluruh dunia tidak akan terjangkau dengan efisien.
Cara Mengatasi Pengalihan Dari blogspot.com ke blogspot.co.id
Sebagian besar Blogger Indonesia banyak yang tidak puas dengan pengalihan dari blogspot.com menjadi blogspot.co.id. namun masalah tersebut dapat kita atasi dengan cara sederhana yaitu melakukan pengeditan/penambahan kode pada menu template HTML.

Adapun caranya adalah sebagai berikut.
- Masuk ke akun blogger
- Pilih Template >> Edit HTML
- Tekan Ctrl + F untuk mengaktifkan fasilitas pencarian (untuk memudahkan dalam pencarian)
- Cari kode <head> kemudian masukkan script di bawah ini tepat di atas kode </head>

<script type='text/javascript'> var str= window.location.href.toString(); if ((str.indexOf('.com/'))=='-1') { var str1=str.substring(str.lastIndexOf(".blogspot.")); if (str1.indexOf('/')=='-1') { var str2=str1; } else { var str2=str1.substring(0,str1.indexOf('/')+1); } window.location.href =window.location.href.toString().replace(str2,'.blogspot.com/ncr/'); } </script>

Atau masukkan kode di bawah ini

<script type="text/javascript"> var blog = document.location.hostname.split("."); if (blog[blog.length - 1] != "com") { var ncr = "http://" + blog[0] + ".blogspot.com/ncr"; window.location.replace(ncr + document.location.pathname);</script>

- Setelah itu simpan template dan lihat hasilnya.

Dengan demikian maka blog anda akan kembali menjadi blogspot.com. Sekian artikel mengenai Cara Mengatasi Pengalihan Dari blogspot.com ke blogspot.co.id. Semoga bermanfaat.

Cara Mengatasi Pengalihan Dari blogspot.com ke blogspot.co.id Rating: 4.5 Diposkan Oleh: PUTRA KELUBIR

0 comments:

Post a Comment